Mengobati Busung Dengan Tumbuhan Kaki Kuda

Herbal, Kaki KudaMengobati busung dengan tumbuhan kaki kuda. Kaki kuda adalah tanaman liar yang banyak tersebar di seluruh Indonesia, tumbuhan ini berasal dari wilayah tropis di Asia, terdapat pada ketinggian sampai 2.500 meter di atas permukaan laut.

Mengobati Busung Dengan Tumbuhan Kaki Kuda

Tumbuhan ini menyukai tanah yang agak lembab dan teduh seperti di padang rumput, pinggir selokan dan sawah.

Kadang ditanam sebagai penutup tanah di perkebunan atau sebagai tanaman sayuran (untuk lalapan).
mengobati-busung-dengan-tumbuhan-kaki-kuda
Mengobati Busung Dengan Tumbuhan Kaki Kuda
Kaki kuda (pegagan) adalah terna menahun tanpa batang, tetapi dengan rimpang pendek dan stolon-stolon yang merayap dengan panjang 10-80 cm, akar keluar dari setiap bonggol, banyak bercabang yang membentuk tumbuhan baru.

Helai daun tunggal, bertangkai panjang sekitar 5-15 cm berbentuk ginjal. Tepinya bergerigi atau beringgit, dengan penampang 1-7 cm tersusun dalam roset yang terdiri atas 2-10 helai daun, kadang-kadang agak berambut.

Bunga berwarna putih atau merah muda, tersusun dalam karangan berupa payung, tunggal atau 3-5 bersama-sama keluar dari ketiak daun.

Tangkai bunga 5-50 mm, buah kecil bergantung yang bentuknya lonjong/ pipih panjang 2-2.5 mm, baunya wangi dan rasanya pahit.

Daun kaki kuda memiliki kandungan kimia asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose, carotenoids, garam-garam mineral seperti garam kalium, natrium, magnesium, kalsium, besi, vellarine, dan zat samak.

Senyawaan glikosida triterpenoida yang disebut asiaticode dan senyawa sejenis, mempunyai khasiat anti lepra (morbus Hansen).

Daun kaki kuda mengandung senyawa glikosida trigergepnoida, alkaloid hidrokotilin, steroid, tannin, minyak atsiri, gula preduksi dan garam-garam mineral seperti garam kalium, natrium, magnesium, kalsium, dan besi.

Untuk mengobati busung dengan tumbuhan kaki kuda,
  • Bahan:
    Tumbuhan kaki kuda lengkap (akar, batang, daun).
  • Cara Membuat:
    Semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal ½ gelas.
  • Cara Menggunakan:
    Diminum 3 kali sehari, 1 cangkir.
  • Jangan lupa membaca Bismillah dan rajin-rajinlah berdoa untuk kesembuhan anda.
Demikian informasi mengenai cara mengobati busung dengan tumbuhan kaki kuda, semoga bermanfaat.
jalan-sehat